Jaring Kaliresi Weblog

August 18, 2008

Ada apa dengan Rusun ?

Filed under: Uncategorized — jaringkaliresi @ 6:48 am
Tags:

Saat masyarakat sibuk mempersiapkan lomba dan kegiatan untuk menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI yang ke 63, kami Jaring Kaliresi mengadakan pertemuan dengan Pengurus APERSSI atau Asosiasi Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia di Jakarta Selatan untuk sedikit meminta pencerahan. Pertemuan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak awal Agustus dengan mengirimkan surat permohonan audiensi dan setelah berkoordinasi dengan Sekjen dan Ketua Umum APERSSI, disepakati pertemuan diadakan pada tanggal tersebut dengan agenda antara lain pencerahan dari APERSSI perihal hak-hak konsumen penghuni rumah susun, aspek-aspek legal rumah susun, PPJB dan lain –lain.

APERSSI sendiri memiliki visi dan misi :

1. Mitra pemerintah dan masyarakat

2. Mendorong terwujudnya good government di rusun

3. Wadah Komunikasi dan keteladanan

4. Wadah penelitian dan pengembangan (litbang)

5. Non politik, independent dan non profit.

Seperti diketahui bahwa Dasar Hukum Rumah Susun adalah Undang-Undang No. 16 tahun 1985. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan juga perihal Bagian Bersama, Benda Bersama, dan Tanah Bersama. Ke tiga bagian tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Artinya rusun atau bangunan tersebut berikut tanah atau alas bangunan merupakan hak milik si para pembeli/penghuni. Hal ini berlaku jika tanah tersbut merupakan tanah dengan sertifikat hak milik. Jika tanah tersebut merupakan milik pihak ketiga dan pengembang memiliki hak penguasaan lahan atau HPL maka rusun tersebut bukan merupaka satu kesatuan.

Ada 5 masalah utama yang sering timbul didalam rusun selain 4 masalah lainnya

yaitu :

1. Hukum

2. Dokumen

3. Tanah

4. PPRS

5. Pengelolaan

Masalah-masalah ini seringkali membuat ketidakberdayaan konsumen rusun akibatnya pemilik rusun atau penghuni rusun bukan lagi sebagai subyek tapi hanya sebagai obyek dari para penguasa rusun seperti PPRS bentukan pengembang, Pengelola bentukan pengembang dan pengembang itu sendiri.

Untuk itu jika anda ingin membeli rusun, sebaiknya berhati-hati dalam menentukan pilihan anda. Nama besar pengembang bukan jaminan anda akan aman, tapi mungkin kebalikannya. Namun jika anda sudah terlanjur memilih dan membeli rusun, carilah informasi sebanyak mungkin dari internet, Koran, lembaga-lembaga non pemerintah, bergabunglah dengan milist yang sesuai, jangan segan untuk meminta infomasi atau nasehat dari rekan yang sudah lama memiliki rusun karena mereka sudah sering makan asam dan garam di rumah susun. /TD/&&&

2 Comments »

  1. Pak,

    ada dua hal penting lagi tambahan dr saya yang juga penting
    untuk rekan-rekan yang memutuskan memBELI dan ingin tetap memPERTAHANKAN “rumahnya” dan “haknya” tinggal disitu, yakni harus:

    -bergabung dengan calon penghuni yang lain dalam wadah kesatuan warga, apapun bentuknya dimulai dari Jaring Kaliresi maupun di PPRS nantinya saat bangunan udah jadi, untuk mencari informasi masalah dan tantangan tinggal di Apartemen/Rusun di Indonesia dan menyamakan persepsi menciptakan lingkungan tempat tinggal yang menjamin kemerdekaan setiap penghuni

    -memberi waktu dan energi untuk partisipasi aktif dalam setiap kesempatan temu warga, khususnya terkait pembahasan kelangsungan hidupnya kelak sebagai penghuni/pemilik (rapat pembentukan PPRS dan pimpinan, badan pengelola apartemen dan pimpinan badan tsb)

    Merdeka!

    Comment by M. Pakpahan — August 19, 2008 @ 2:40 am | Reply

  2. terima kasih atas updatenya, pak Djoko.
    mohon maaf kemarin tidak bisa gabung..
    nyesel jg sih jadi blm bisa kenal dg para pengurus APERSSI.

    Comment by triyani — August 19, 2008 @ 9:11 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: