Jaring Kaliresi Weblog

September 19, 2008

Kenapa BTN Belum Bisa Akad Kredit ?

Filed under: KPA — jaringkaliresi @ 8:53 am
Tags:

Betul, memang sampai dengan saat ini atau sampai September 2008 Bank BTN belum akan melaksanakan akad Kredit dengan pembeli Kalibata Residences. Anda tidak sendirian, tapi hampir 2000 (dua ribu) pembeli KR yang menggunakan BTN sebagai mitra dalam pembiayaan KPA. Lalu Kenapa kok belum dilakukan akad kredit meskipun hampir semua pembeli sudah melaksanakan pembayaran uang muka atau DP 1 – 4 ?

Informasi yang sempat kami telusuri dari sumber BTN, bahwa KR belum memiliki ijin SIPPT / Surat Ijin Penggunanaan Peruntukan Tanah, sehingga BTN merasa perlu membentengi BTN dan Pembeli dengan menunda akad kredit sampai dengan SIPPT KR diselesaikan. Kelengkapan dokumen SIPPT ini memang merupakan salah satu syarat dari BTN agar BTN dapat mencairkan dana KPA-nya untuk KR.

Bagi developer yang ingin membangun sebuah Apartemen atau rumah susun, minimal dokumen Surat Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah (SIPPT) wajib ada, supaya peruntukan tanah tersebut jelas memang untuk membangun Apartemen / Rusun.

BTN benar, karena mereka juga ingin melindungi hak-hak debitur dan terutama melindungi Banknya agar uang tsb tidak disalah gunakan oleh dev. Jadi spy pencairan kredit tsb benar2 untuk bangun Rusunami. Hal ini juga terjadi pada rusunami Gading Nias yang akadnya molor hinga 1 sampai 2 bulan dari jadwal semula.

Apakah pembeli kena denda karena keterlambatan akad kredit ? TIDAK. Beberapa rekan sudah menanyakan hal ini kepada BTN masing masing cabang. Seperti yang diungkapkan beberpa rekan dalam mailing list rusunami_kalibata@yahoogroups.com

“Karena sampai sekarang belum juga akad kredit, sayapun akhirnya mengkonfirmasi hal tsb kpd BTN (takut kena denda nih). BTN menginfokan hal yg sama bhw SIPPT belum diterima dari dev. KR dan calon debitur tidak akan dikenakan denda atas keterlambatan akad kredit, krn kesalahan bukan dari pihak BTN/cadeb.” YW

atau

“Pembeli tidak akan dikenakan denda akibat dari belum dilaksanakannya akad kredit BTN” Koordinator BTN Dewi Sartika.

1 Comment »

  1. Makasih atas infonya,,,,sangat bermanfaat.

    Comment by Bangun rumah — September 29, 2008 @ 4:20 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: