Jaring Kaliresi Weblog

December 12, 2008

Kembali Ke PPJB

Filed under: Artikel — jaringkaliresi @ 2:34 pm
Tags:

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat telepon dari seorang ibu yang juga anggota Jaring Kaliresi. Ibu ini sedikit mengeluh perihal sulitnya menperoleh copi PPJB padahal sudah akad kredit dengan Bank Permata 2 minggu sebelum menghubungi saya. Akad kredit atas nama suaminya yang sebetulnya sudah tahu bahwa sang istri mengingatkan agar meminta copi PPJB kepada pihak Bank atau pengembang, namun karena banyaknya antrian untuk tanda tangan akad kredit, sehingga lupa. Akibatnya, sangat sulit memperoleh copi PPJB ini jika telah beberapa hari apalagi beberapa minggu. Minta ke bank, disuruh minta ke pengembang. Minta ke pengembang disuruh minta ke bank karena itu dokumen milik bank sebagai jaminan (?). Menghubungi marketingnya juga sama aja, gak tahu. “Bingung deh” begitu kata–kata terakhir si ibu kepada saya.  

 

Telusur punya telusur ternyata ada juga seorang bapak (saya lupa baca dimana) yang sudah akad kredit  sepuluh tahunan tapi saat kreditnya akan lunas dan mau tanda tangan akta jual beli, PPJB nya gak ada di Bank. Sementara si bapak gak punya copinya ? Bingung kan.

 

Sekali lagi PPJB. PPJB merupakan dokumen pegangan si pembeli selama proses pembangunan, pembayaran atau proses kredit. Karena dalam PPJB tertuang perjanjian pembeli dan penjual sebelum terjadinya akta jual beli karena belum lunas atau obyeknya belum dibanguan atau sedang dibangun. Dalam PPJB tertuang hak dan kewajiban, sangsi, dan lain sebagainya yang berlaku untuk masing-masing pihak  dan kedua pihak. Jika salah satu pihak lalai/mangkir terhadap salah satu pasal maka sangsi akan berlaku di pihak satunya.  Namun jangan berharap PPJB itu memihak pembeli, sama sekali TIDAK. PPJB dibuat oleh pengembang yang sudah tentu menguntungkan si pengembang, dimanapun itu. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan peraturan Kemenpera No.11/1994 tentang Pedoman PPJB, namun karena tidak ada pengawasan dari pemerintah, PPJB tidak memihak konsumen dan bertentangan dengan UU Perlindungan Konsumen. Bagi anda yang sudah tanda tangan PPJB dan sudah menerima copi atau aslinya, pelajari dan simak baik-baik. Tapi bagi anda yang belum menerima PPJB dan baru mau akan akad kredit, sebaiknya minta copi PPJB anda.

 

Bagi Pembeli Kalibata Residences yang menggunakan kredit Bank BTN dan belum akad, baiknya anda minta kepada pengembang atau bank sebelum atau saat akad kredit, jangan tunda besok atau lusa atau bahkan minggu depan, pasti susah mendapatnya.

4 Comments »

  1. selamat siang..
    bisa ga ya minta contoh PPJB beserta perjanjian-perjanjian terkait lainnya ??

    Comment by dewa — March 3, 2009 @ 6:04 am | Reply

    • coba minta ke rekan2 yg sdh dapat ppjb, atau japri aja.

      Comment by jaringkaliresi — April 5, 2009 @ 8:38 am | Reply

  2. AssWrWb..
    bisa ga ya minta contoh/copy ppjb. untuk tugas kuliah buat analisis tentang ppjb..
    terimakasih banyak..

    Comment by sasmi — November 11, 2009 @ 3:00 pm | Reply

  3. Seringkali Developer/pengembang membela kepentingannya dengan mengatakan pada calon konsumen bahwa Kepmenpera no 9/1995 hanya berlaku sebagai pedoman, jadi tidak mengikat Developer dalam menyusun PPJB. Mari kita simak bersama. Secara hukum, setiap keputusan menteri dikeluarkan untuk wajib ditaati isinya. Kalau hanya bersifat himbauan tentu tidak dikeluarkan dalam bentuk SK Menteri. Dalam SK Menpera no 9/95 dicantumkan dalam butir kedua diawal Kepmen, bahwa “setiap adanya pengikatan jual beli rumah wajib mengikuti pedoman pengikatan jual beli rumah beserta contohnya.” Hal ini berlaku bagi penjualan tanah yang belum ada rumahnya maupun tanah yang sudah ada rumah diatasnya. Periksalah PPJB sebelum membeli properti.

    Comment by Hamim Nata, SH — January 7, 2011 @ 2:58 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: