Jaring Kaliresi Weblog

January 17, 2010

Bunga Kredit BTN Ada Perubahan?

Filed under: Uncategorized — jaringkaliresi @ 11:46 am

Beberapa waktu yang lalu seorang ibu yang juga pembeli unit di Kalibata Residences mengeluhkan kepada saya perihal Bunga Bank BTN yang tak juga kunjung turun. Dia sudah menanyakan hal ini ke Bank BTN Cabang Pasar Minggu, namun tidak mendapat jawaban yang semestinya, bahkan oleh staf Bank BTN disuruh menanyakan hal ini ke mailing list/milist-milist yang ada di internet.
Setelah berdiskusi panjang saya sarankan agar dia menanyakan hal ini ke Bank BTN Cabang Jakarta Kuningan/JKK. Gayung bersambut, oleh bagian Loan Service diminta membuat surat permohonan penyesuaian bunga. Setelah surat dikirim berkali-kali melalui fax, ternyata jawaban sungguh menyejukkan bahwa berdasarkan ketetentuan dari PT BTN (Persero) Tbk yang berlaku saat ini, suku bunga kredit adalah 16 % (Enam belas persern) dan belum mengalami perubahan. Nampaknya si ibu ini mulai resah dengan surat jawaban dari Bank BTN, sebelum akad kredit sekitar lebih setahun yang lalu dia mendapat informasi dari Bank BTN bahwa bunga 16% hanya berlaku pada tahun pertama, selanjutnya akan berlaku bunga sesuai dengan bunga kredit pasar. Lha sekarang sudah setahun lebih sejak akad kredit/realisasi kok bunganya masih 16 %. Sementara sekarang bunga kredit di pasar adalah sebesar 10,5 – 12 % ini menurut Pejabat BTN di media massa.
Beberapa media juga merilis berita tersebut yaitu :
http://www.detikfinance.com/read/2010/01/12/112609/1276518/5/btn-siap-turunkan-bunga-kredit-sampai-1
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/01/14/10344431/Asyik..Bunga.Kredit.Masih.Bisa.Turun.
http://www.kontan.co.id/index.php/keuangan/news/28189/Asyik-Bunga-KPR-Masih-Bisa-Turun
http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=0cf3631c283b4879e297fc213535dc12&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5
Namun sayang sekali Bank BTN sampai saat ini masih memberlakukan bunga 16% kepada si ibu tadi, lalu bagaimana dengan anda para pembeli Kalibata Residences/Regency ? Besar kemungkinan sama antara 15% – 16% dan tidak akan turun jika realisasi kredit sekitar setahun yang lalu. Karena sistem yang dipakai dalam perhitungan bunga BTN di Kalibata adalah Bunga Anuitas yaitu bunga yang diperhitungkan secara tahunan yang dibebankan setiap bulan sejak bulan realisasi kredit, dimana pada tahun pertama diperhitungkan dari jumlah kredit yang tercantum pada Perjanjian Kredit sedangkan bunga untuk tahun-tahun selanjutnya diperhitungkan dari sisa jumlah kredit pada akhir bulan realisasi kredit tahun berikutnya.
Untuk itu jika anda saat ini sedang dalam proses cicilan melalui bank sebaiknya menanyakan kembali besaran bunga yang dikenakan, apakah sudah sesuai dengan janji-janji pihak bank saat itu, yaitu bunga sudah turun sesuai pasar atau masih tetap seperti realisasi. Namun jika saat ini anda masih dalam proses persetujuan atau SP3K sebaiknya meminta keterangan tertulis perihal cara perhitungan bunga yang dipakai Flat 1 Tahun, Bunga Anuitas, Bunga Effektif atau lainnya. Saran saya adalah jangan sekali-kali percaya janji manis staf bank perihal besaran suku bunga yang katanya flat 1 tahun jika tidak tertulis dalam Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit/SP3K atau lainnya. Karena ini akan merongrong kantong anda.
Yang patut dipertanyakan apakah pernyataan pejabat Bank BTN bisa dipercaya ? atau hanya akal-akal untuk menarik keuntungan lebih banyak dengan bunga yang 30% lebih tinggi dari bunga pasar.

2 Comments »

  1. saya juga KPR di bank BTN, akad kredit 2007. Bunga anuitas (saya lihat di perjanjian redit). Awalnya, bunganya 12.75%, kemudian naik 13% pada bulan Nopember 2008 s.d. sekarang. Ko belum turun2 juga yah???
    Mohon petunjuknya.
    Tq…

    Comment by ufa — April 5, 2010 @ 5:36 am | Reply

  2. Saya juga di janajikan demikian oleh pihak BTN, dgn Flat setahun, tapi anehnya itu semua sepertinya cuma janji pihak BTN.
    Alasannya dari BTN Depok masih menunggu keputusan Bank Pusat untuk penurunan Suku bunga tersebut, dan mereka fokus menurunkan suku bunga untuk nasabah yg kena suku bunga diatas 15%. Aneh bukan…
    Padahal semua nasabah BTN itu punya hak sama.

    Comment by Erni — August 13, 2010 @ 7:46 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: